kesalahan,mengajarkan kerancuan, dan menurunkan motivasi.
Mari kita buktikan :
1. "Balonku ada 5... rupa-rupa warnanya... merah,
kuning, kelabu.. merah muda dan biru... meletus balon hijau,
dorrrr!!!"
Perhatikan warna-warna kelima balon tsb., kenapa tiba2
muncul warna hijau ? Jadi jumlah balon sebenarnya ada
6, bukan 5 ! Trus dari mana asal balon ijonya dong?
2. "Aku seorang kapiten... mempunyai pedang panjang...
kalo berjalan prok..prok..prok... aku seorang
kapiten!"
Perhatikan di bait pertama dia cerita tentang
pedangnya,
tapi di bait kedua dia cerita tentang sepatunya
(inkonsistensi). Harusnya dia tetap konsisten, misal jika ingin
cerita tentang sepatunya seharusnya dia bernyanyi :
"mempunyai sepatu baja (bukan pedang panjang)...
kalo berjalan prok..prok..prok.." nah, itu baru klop!
jika ingin cerita tentang pedangnya, harusnya dia
bernyanyi : "mempunyai pedang panjang... kalo ber-
jalan ndul..gondal..gandul.. atau srek.. srek..
srek.."
itu baru sesuai dg kondisi pedang panjangnya!
3. "Bangun tidur ku terus mandi.. tidak lupa menggosok
gigi.. habis mandi ku tolong ibu.. membersihkan tempat
tidurku.."
Perhatikan setelah habis mandi langsung membersihkan
tempat tidur. Lagu ini membuat anak-anak tidak bisa
terprogram secara baik dalam menyelesaikan tugasnya
dan selalu terburu-buru. Sehabis mandi seharusnya si
anak pakai baju dulu dan tidak langsung membersihkan
tempat tidur dalam kondisi basah dan telanjang!
4. "Naik-naik ke puncak gunung.. tinggi.. tinggi
sekali..
kiri kanan kulihat saja.. banyak pohon cemara.. 2X"
Lagu ini dapat membuat anak kecil kehilangan konsen-
trasi, semangat dan motivasi! Pada awal lagu terkesan
semangat akan mendaki gunung yang tinggi tetapi
kemudian ternyata setelah melihat jalanan yg tajam
mendaki lalu jadi bingung dan gak tau mau ngapain,
bisanya cuma noleh ke kiri ke kanan aja, gak maju2!
tengkyu....buat temen - temen di milis K-41 Teknik Kimia ITS
Labels: bacaan sambil ngopi