Mengenai TOP1:
tentang kejelekannya dah banyak terekspos.TOP1 oli-nya para selebritis. Dan hasilnya sangat susah sekali, karena mereka menang dalam hal publikasi. Dengan publikasi yang sangat gencar, plus ditambah dengan ajakan dari artis idola masyarakat --> gimana rakyat gak kepancing.
caranya memilih oli (ini hasil kuliah singkat tentang milih oli dari forward email temen - temen 2001): ( siapa tahu next time kalau punya duit n punya mobil/ motor bisa beli oli yang baik buat motor)
1.Lihat nilai viskositas dari oli contoh SAE 40 , SAE 30. Nah untuk memilih oli mana yang cocok --> silahkan melihat dibuku manual kendaraan anda. Kebutuhan oli masing2 kendaraan biasanya berbeda. Jadi buat yang baru beli mobil baru (apalagi yang impor hehe siapa tau), pastikan untuk memakai kode oli yang benar --> dari pada mogok setelah 5 km perjalanan --> sering terjadi loh. Jangan terllau percaya dengan montir bengkel (kecuali bengkel autoritas merek kendaraan tersebut).
2.Lihat kelengkapan standar oli : biasanya oli yang beredar di Indo disesuaikan dengan standar API (american petroleum institute) dan SAE (Society of American Engineering). lihat kode yang tertera pada kemasan oli.
- Kalau pakai standar API ---> pastikan ada lingkaran bentuk donat. (biasanya kita sebut API DONUT)
- Kalau pake standar SAE --> untuk bensin biasanya setelah nilai viskositas ada tulisan CX . Contoh SAE 30-CF, SAE-25 CG dll. Nah X yang terakhir menunjukan teknologi standar yang dipakai oleh oli tersbut. silahkan cek buku manual kendaraan lagi batas minimal standar yang diperbolehkan. Nah buat mobil, ambil contoh ditulis SAE 30-CF --> artinya dengan viskositas 30 oli tersebut ditambahkan paket aditif yang dapat menyebabkan oli tersebut tahan dengan kondisi2 pembebanan yang sesuai dengan standar SAE untuk versi F. Nah versi tersebut di upgrade setiap waktu oleh SAE sehingga muncul versi baru ( terakhir kayaknya CJ). Saran kalau kebetulan oli yang dirujuk oleh buku manual tidak ada --> silahkan pakai oli dengan standar lebih baru . contoh SAE 25-CF bisa diganti dengan SAE-CG dll.
- Nah kalo standar SAE untuk diesel biasanya menggunakan kode SX (Contoh SAE 25 -SC, SAE 40-SF dll) nah X yang terakhir sama seperti standar bensin juga diupgrade tiap masa.
3. Lihat kemasan produk --> apakah ada bocor, atau rembesan oli. dan tanya ke produsen oli/ Toko oli (yang besar), bagaimana membedakan produk asli dan produk palsu. hati2 gak semua orang tau --> saya punya pengalaman selama melakukan pengujian membeli oli Mesran palsu di SPBU hehe tempat distributor sendiri loh padahal. biasanya produk oli skarang di beri label hologram --> nah coba bandingkan kemasan produk oli yang bapak ingin beli antara 1 toko sama toko lain ( pilih yang agak berjauhan). Kalau sama, silahkan ambil.
4. Pada saat pemakaian/pengisian. Mungkin hal ini seringkali dipercayakan ke montir, cuma ada baiknya sekali2 bapak/ibu juga melihat oli yang dipakai. Sekali2 minta sampel dari oli yang dipakai ( usahakan sebelum oli di tuang kedalam mesin). Sekedar untuk dilihat warna.
5. Bila masih ada sampel --> ada cara pengetesan oli asli atau palsu secara singkat ( cuma akurasi tidak terlalu baik), test yang dilakukan adalah test lapisan pelumas film. Test ini juga bisa dipakai untuk mengecek apakah oli kendaraan sudah layak diganti atau belum --> cuma butuh skill . :
- bersihkan tangan anda (bilas pakai sabun n keringkan).
- setelah itu coba oleskan oli anda ke jari jempol dan telunjuk. silahkan diusap2.
- ambil kertas tisu, lap oli yang ada di jari.
- sekarang coba tempelkan kembali jari jempol dan telunjuk, sambil diusap2. bila masih terasa licin --> oli cukup baik.
- nah kalau untuk oli bekas.. pada saat kita bersihkan tangan, yang harus dipertimbangkan adalah kelicinan dan berapa banyak partikel pengotor yang menempel ditangan. (susah karena subjektif).
6. Oli yang beredar dimasyarakat sudah didesain untuk pemakaian lebih dari 10000km oleh produsen oli. Jadi alangkah sayangnya kalau bapak2, ibu2, teman2 mengganti oli sebelum 10000 km (buang duit dan polusi minyak). Nah khususnya buat yang sering memakai kendaraan --> penggantian yang lebih dari batas 10000 diperbolehkan kok, asal kebersihan mesin dijaga.
Special thanks to all my friends K41 Teknik Kimia ITS
Labels: bacaan sambil ngopi